6 Ciri Postingan Pilar yang Merupakan Generator Trafik Terbaik untuk Blog Anda
Anda mungkin sering mendengar bahwa konten adalah raja (content is king).
Ya, konten adalah raja karena untuk mendapat uang lewat blog kita butuh
banyak trafik, dan generator trafik terbaik adalah konten.
Konten yang menjadi generator trafik
seperti itu adalah postingan atau artikel pilar. Apa itu postingan
pilar? Seperti apa jenis dan contoh postingan pilar? Apa keuntungan
postingan pilar?
Jawabannya saya paparkan di bawah ini yang merupakan hasil penelusuran dari beberapa referensi.
Ciri-ciri Postingan Pilar
Apa itu artikel pilar? Sepanjang yang saya tahu, postingan pilar adalah postingan yang memiliki 6 ciri berikut:
- Terstruktur dengan baik dan memiliki lebih dari 750 kata
- Memberikan manfaat (nilai) bagi pembacanya
- Tidak ada batas waktunya.
- Asli (bukan copy paste) dan unik
- Banyak di-backlink oleh blog lain
- Menghasilkan banyak trafik dari mesin pencari (dampak dari banyaknya di-backlink)
Berbeda dengan postingan biasa, kita membutuhkan waktu dan energi lebih banyak dalam dalam membuat postingan pilar. Mengapa?
Ini karena kita mesti menelusuri dan menelaah beragam sumber, serta melakukan riset online.
Lamanya waktu ini bersifat relatif.
Beberapa blogger dunia menyebutkan bahwa mereka perlu waktu 3-7 hari
untuk membuat sebuah postingan pilar.
Keuntungan Postingan Pilar
Mungkin Anda berpikir bahwa untuk apa
mendedikasikan waktu seperti itu untuk sebuah postingan. Jika demikian,
Anda simak pepatah berikut: you get what you pay for?
Ya, waktu dan energi yang Anda keluarkan akan sepadan dengan keuntungan yang diperoleh.
Berikut keuntungan-keuntungan yang akan Anda peroleh jika Anda membuat postingan pilar.
1. Membentuk kredibilitas
Ketika pengunjung membaca postingan pillar Anda, mereka akan terkesan dan besar kemungkinan mereka akan berpikir begini: “Wow.
Ini mengagumkan dan bermanfaat sekali. Saya akan mem-bookmark postingan
ini dan memberitahukannya kepada pembaca blog saya dengan cara
membacklinknya”
Meniru pernyataan dari sebuah sebuah iklan,
postingan pilar Anda memberikan kesan pertama yang begitu menggoda.
Selanjutnya mereka akan berkunjung lagi dan lagi.
Inilah apa yang disebut kredibilitas
(kepercayaan) kepada blog Anda. Kredibilitas ini penting karena
menunjang kesuksesan sebuah blog.
2. Trafik jangka panjang
Dalam jangka waktu yang panjang, postingan
pilar akan menguntungkan Anda karena menghasilkan trafik. Dua alasan
utamanya adalah di bawah ini.
- Menempati posisi yang baik (umumnya posisi satu) di mesin pencari untuk kata kunci yang dibidik karena banyak di-backlink oleh blog lain.
- Masih menarik dan relevan dibaca oleh pengunjung di masa mendatang karena sifatnya yang tidak kedaluarsa.
Jenis dan contoh Postingan Pilar
Dari beberapa referensi yang saya baca,
jenis-jenis postingan pilar adalah sebagai berikut. Adapun contoh yang
saya sajikan bersifat subjektif, yang tujuannya sekadar menambah wawasan
Anda.
- Daftar (contoh: 7 Cara Cerdas Meningkatkan Pelanggan RSS)
- Sumber-sumber web tools (contoh: Situs-situs Manipulasi Foto Online)
- Analisis Mendalam (contoh: Jadilah Blogger Berkualitas dan Bermoral)
- Tutorial (contoh: Cara Memasang Google Analytics di WordPress)
- Wawancara (Contoh: Wawancara Ekslusif dengan Darren Rowse)
- Ranking (Contoh: 50 Most Influental Blogger)
- Definisi (contoh: Copywriting untuk Blog Anda)
Apakah Anda ingin membentuk kredibilitas dan memperoleh trafik jangka panjang? Jika ya, apa yang Anda tunggu lagi?
Buat postingan pilar mulai sekarang!
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan
klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Blog Learn Process
0 Response to "6 Ciri Postingan Pilar yang Merupakan Generator Trafik Terbaik untuk Blog Anda"
Post a Comment